DESA COKLAT BALI

0
1496

 

www.yayasandamarjati.or.id – (#BerkepribadianDalamBerkebudayaan – Selasa, 17/04/2024). Salah satu alternatif wisata yang bermanfaat adalah mengunjungi pabrik cokelat di Desa Coklat Bali milik PT. Cau Cokelat Internasional yang berlokasi di Jalan Raya Marga Apuan Km 7, Dusun Cau, Desa Tua, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali.

“Desa Coklat Bali menyajikan informasi lengkap mulai dari pohon cokelat hingga proses pembuatan cokelat yang siap disantap. Cokelat produksi di sini adalah cokelat sehat. Berasal dari bahan organik. Bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat,” tutur Handling Guest Desa Coklat Bali Kadek Kusuma, saat menerima kunjungan Ketua Umum Yayasan Damardjati Masjarakat Sedjati (Yayasan Damarjati) Erna Wiyati, S.T, MM., yang didampingi Kepala Departemen Industri Ekonomi Kreatif Yayasan Damarjati Novi Bimantari (Cau, 13/04/2024).

Kadek Kusuma menjelaskan setelah cokelat (kakao) dipanen, dilakukan proses fermentasi selama lima hari lalu penjemuran untuk menurunkan kadar air. Setelah itu dilakukan proses roasting atau sangrai untuk menghasilkan cocoa roasted bean. Proses selanjutnya adalah pemisahan kulit cocoa hingga menghasilkan cocoa nibs. Penggilingan cocoa nibs akan menghasilkan cokelat pasta yang siap diproses menjadi cokelat siap santap.

“Untuk mengetahui langsung proses pembuatan cokelat dan mencicipi aneka varian rasa cokelat yang sehat silakan berkunjung ke Desa Cokelat Bali,” kata Kadek Kusuma.

-, Redaksi: Tim Humas Yayasan Damarjati.
-, Editor: (#SaDa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here