SABBE SATTA BHAVANTU SUKHITATTA

0
354

yayasandamardjati.or.id – (#BerkepribadianDalamBerkebudayaan – Semarang, 23/05/2024). Setiap tahun pada purnama di bulan Waisak, umat Buddha merayakan Waisak. Tahun ini Hari Raya Waisak 2568 BE jatuh pada Kamis 23 Mei 2024. Kata Waisak berasal dari dua bahasa yaitu Vaisakha (Sansekerta) dan Vesakha (Pali) yang berarti nama bulan dalam kalender Buddhis. Umat Buddha menyebut Waisak sebagai Hari Raya Trisuci Waisak, karena untuk memperingati tiga peristiwa penting, yaitu: (1) Kelahiran Bodhisattva (calon Buddha) Siddharta Gautama di Taman Lumbini pada tahun 623 SM; (2) Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna di Bodh pada tahun 588 SM; dan (3) Wafatnya Buddha Gotama (Maha Parinibbana) di Kusinara.

Kisah hidup Buddha Gautama mengajarkan kita perlunya perjuangan. Penghormatan atau puja tertinggi pada Buddha adalah dengan melaksanakan Dhamma dalam berbagai segi kehidupan, baik kehidupan sehari-hari, beragama, berbangsa dan bernegara. Dhamma berasal dari bahasa Pali (bahasa Sansekerta: Dharma) yang berarti Hukum atau Aturan dalam agama Buddha. Dhamma berarti Kesunyataan Mutlak, Kebenaran Mutlak atau Hukum Abadi. Dhamma tidak hanya ada dalam hati sanubari manusia dan pikirannya, tetapi juga merupakan Hukum Abadi yang meliputi alam semesta, yang membuat segala sesuatu bergerak sebagaimana dinyatakan oleh ilmu pengetahuan modern.

Buddha mengajarkan lima Dharma (Ajaran) untuk menghindari lima pantangan perilaku, yakni ; dengan cinta kasih (maitri) untuk menghindari pembunuhan atau penganiayaan; dengan kebenaran untuk menghindari pencurian, korupsi, kolusi dan nepotisme; dengan kesusilaan menghindari asusila atau zinah, dengan kepercayaan menghindari pembohongan, penipuan dan dengan kebijaksanaan menghindari terlibat dalam minum-minuman keras dan narkoba atau sejenisnya.

Buddha mengajarkan pola hidup cinta kasih dan toleransi. Kehidupan yang penuh cinta kasih akan membawa kepada pikiran yang selalu ingin membahagiakan dan memberi manfaat kepada orang lain.

Keluarga Besar Yayasan Damardjati Masjarakat Sedjati (Yayasan Damarjati) mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak 2024. Sabbe Satta Bhavantu Sukhitata – Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

 

-. Redaksi: Tim Humas Yayasan Damarjati.

-. Editor: (#SaDa).

#BerkepribadianDalamBerkebudayaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here